Scroll untuk baca artikel
PolitikSamarinda

30 Anggota Panwascam Dilantik Bawaslu Samarinda, Siap Bertugas Pada Pilkada Serentak 2024

93
×

30 Anggota Panwascam Dilantik Bawaslu Samarinda, Siap Bertugas Pada Pilkada Serentak 2024

Sebarkan artikel ini
Ket: Suasana Ikrar Janji dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Samarinda, Abdul Muin.(Syahrul Mubarok/SELAJUR)

SELAJUR.COM, SAMARINDA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Samarinda sukses mengukuhkan puluhan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk ditugaskan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, pada Sabtu (25/5/2024) pukul 09.00 Wita.

Dihelat di Hotel Puri Senyiur Samarinda itu, dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Samarinda, Abdul Muin didampingi jajaran komisioner.

Kepada SELAJUR.com, Ketua Bawaslu Kota Samarinda, Abdul Muin menyebut, bahwa total panwascam yang dilantik sebanyak 30 orang. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 22 orang anggota panwascam lama dan bertugas pada pemilu 14 Februari lalu. Sedangkan delapan orang lainnya merupakan hasil perekrutan baru.

“Jadi sebagian besar ini anggota Panwas lama, yang masih bisa diberikan kepercayaan kita lanjutkan. Tapi tetap mengikuti mekanisme perekrutan. Kita harapkan mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan baik di wilayah kecamatan masing-masing,” ucap Abdul Muin.

Menurut Muin, peran tenaga Panwascam dalam setiap tahapan Pilkada sangat penting.

Apalagi dalam waktu dekat ini, pihak KPU selaku penyelenggara Pemilu akan memulai proses pemutakhiran data pemilih di setiap kecamatan hingga kelurahan.

Semua tahapan yang dilaksanakan itu dipastikan dapat berjalan aman, lancar dan tidak adanya praktik kecurangan.

“Peran Panwas ini sangat vital untuk memastikan bahwa tahapan yang ada itu bisa diawasi dengan baik. Terkait dengan pemutakhiran data pemilih, itu akan menjadi perhatian di awal,” ujarnya.

Anggota panwascam yang dilantik juga diingatkan untuk terus meningkatkan pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada.

Muin menekankan agar proses perekrutan yang dilakukan betul-betul objektif, sehingga menghasilkan tenaga pengawas yang bisa diberikan kepercayaan selama menjalankan tugasnya.

“Karena proses perekrutan pengawas kelurahan itu menjadi kewenangan panwascam. Kita harapkan orang-orang yang dipilih itu merupakan orang yang bisa diberikan kepercayaan,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Dibalik Pemilu 2024, Pelipat Surat Suara Diupahi Rp 400 Per Lembar

Di tempat sama, satu diantara Anggota Panwaslucam yang dilantik, Andri Saputra dari Samarinda Ulu, mengapresiasi dan mengucap syukur atas kepercayaan yang diberikan untuk melanjutkan tugasnya.

“Bersyukur sekali, tahun ini masih diberikan kepercayaan untuk menjalankan tugas sebagai panwaslucam,” ungkap Andri.

Andri pun berjanji, mewakili seluruh Panwaslucam yang dilantik, untuk menjaga netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas mereka, demi terciptanya proses pemilihan yang demokratis dan berintegritas di Samarinda.

“Kami berharap proses pelaksanaan dan hasil Pilkada nanti bisa berjalan lancar dengan adanya dukungan dari Panwaslucam,” tutup Andri.

[RUL/SET/RED]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!