Scroll untuk baca artikel
PPU

Antisipasi Persiapan Jelang Pemilu 2024 Besok, Pemkab PPU Gelar Rapat Koordinasi

42
×

Antisipasi Persiapan Jelang Pemilu 2024 Besok, Pemkab PPU Gelar Rapat Koordinasi

Sebarkan artikel ini
Ket: Suasana Rapat Koordinasi Pemkab PPU bersama KPU dan Bawaslu.(Abby Suly/SELAJUR)

SELAJUR.COM, PPU – Pelaksanaan Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada besok Rabu (14/2/2024). Berbagai persiapan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) pun terus digencarkan. Terlihat, pihaknya segera bergegas menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 pada 14 Februari mendatang.

Dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Sodikin, didampingi Ketua KPU Kabupaten PPU Irwan Syahwana dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) PPU Mohammad Khazin.

“Pemerintah daerah bersama KPU dan Bawaslu serta Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) itu semuanya sudah siap dengan melakukan mitigasi berkaitan dengan Pemilu 2024,” ucap Sodikin dikonfirmasi media ini via telepon, Senin (12/2/2024) siang.

Semua pihak yang terlibat tetap konsentrasi dan fokus dalam pelaksanaan distribusi logistik yang akan dilakukan, Selasa (13/2/2024) esok hari. Sebutnya, dalam tahapan – tahapan tersebut logistik harus tersampaikan pada lokus Tempat Pemungutan Suara (TPS) paling lambat hari Selasa esok.

“Kami berharap dapat meninjau terkait dengan pelasanaan pemilu sebelumnya yaitu agar para petugas dapat menjaga kesehatannya masing – masing,” ungkapnya.

Setelah tahapan pemilu selesai tentu fisik petugas masih dibutuhkan. Salah satu dalam proses penghitungan suara hingga pelaksanaannya, dan itu tentu membutuhkan waktu, konsentrasi hingga ke tahapan – tahapan pemilu dinyatakan selesai.

Mengenai keterlibatan pemerintah daerah apakah ikut dalam mengawasi jalannya pemilu seperti halnya pada pemilihan kepala desa (Pilkades) beberapa waktu yang lalu. Dirinya menyampaikan, untuk pemerintah daerah, semula hendak dijadwalkan untuk langsung memantau ke TPS masing – masing.

“Tetapi dengan pertimbangan tertentu, jangan sampai nanti beranggapan bahwa pemerintah daerah itu ada intervensi sehingga pantauan itu tidak kita laksanakan pada TPS tersebut,” sambungnya.

BACA JUGA:  Keji ! Satu Keluarga di PPU Dibunuh, Satu Diantara Korban Disetubuhi Ketika Meninggal

Nantinya, Pj bupati PPU juga akan mengadakan rapat koordinasi melalui zoom meeting dalam rangka untuk memantau perkembangan pasca pemungutan suara tersebut.

“Sementara tidak ada kendala, hanya saja wanti – wanti kita memang mengingatkan untuk menjaga kesehatan masing – masing. Dalam hal ini dinas kesehatan juga harus melakukan upaya – upaya. Tentunya dalam membentuk tim apabila ada yang berkaitan dengan kesehatan. Sehingga bisa dengan sigap penanganannya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu PPU Mohammad Khazin menyampaikan, adapun atensi khusus dari Bawaslu PPU memastikan bahwa seluruh perangkat, dalam hal ini perangkat yang di TPS. Terutama bagian keamanan mulai dari linmas, TNI – Polri yang diperbantukan itu harus dalam keadaan siap siaga apapun keadaannya.

“Pertama distribusi logistik harus telah sampai pada tanggal 13 Februari 2024,” tegasnya.

Kedua, saat pemungutan surat suara, dirinya juga mengatensikan kepada dinas kesehatan melalui pemerintah kabupaten PPU.

Bagaimana seluruh fasilitas kesehatan yang ada dikecamatan hingga kelurahan dan desa, itu bisa mobile untuk mengecek kondisi penyelenggara pemilu. Baik itu Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara berkala.

“Jadi atensi khusus kita kepada semua penyelenggara pemilu untuk menjaga kesehatan fisik dan keamanan,” pungkasnya.

[ABY/SET]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!