Scroll untuk baca artikel
NasionalPolitik

Debat Ke-4 Cawapres Pemilu 2024, Simak Tampil Ala Pecinta Alam Hingga Formal

43
×

Debat Ke-4 Cawapres Pemilu 2024, Simak Tampil Ala Pecinta Alam Hingga Formal

Sebarkan artikel ini
Ket: Tampak Paslon Cawapres 03 Mahfud MD menggunakan busana ala pecinta alam.(Dok: Antara)

SELAJUR.COM, JAKARTA – Tiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024 tiba di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam, untuk mengikuti Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD tiba pukul 18.19 WIB. Mereka tampil dengan kostum ala pecinta alam dengan kemeja lengan panjang berwarna hijau yang dibalut halsduk warna senada dan celana hitam.

Kemudian, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Islandar tiba dengan menggunakan mobil berwarna hitam sekitar pukul 18.30 WIB. Mereka berdua tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam.

Terakhir tiba di lokasi debat ialah pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang datang pukul 18.53 WIB. Mereka kompak mengenakan kemeja biru dan celana hitam.

Para pendukung ketiga pasangan calon tersebut tampak mengenakan atribut yang merepresentasikan pasangan calon dukungan mereka masing-masing. Terdengar pula yel-yel bersorak sorai mengiringi kedatangan ketiga pasangan calon tersebut.

Pendukung Anies-Muhaimin mulai tiba di arena debat sekitar pukul 17.20 WIB. Kemudian, pukul 17.46 WIB, pendukung Anies-Muhaimin mulai menyanyikan yel-yel.

“Satu, satu, satu mau perubahan, mau perubahan, Indonesia jadi lebih baik,” sorak para pendukung.

Kemudian, rombongan berkostum kartun Jepang “Naruto” yang mendukung pasangan Prabowo-Gibran memasuki depan Hall A JCC Senayan, Jakarta, mulai pukul 15.48 WIB.

Mereka kompak mengenakan kemeja berwarna biru bergambar wajah Prabowo-Gibran yang dihias. Kemudian, ada juga yang mengenakan jaket bertuliskan “Samsul 2”. Tulisan Samsul itu merujuk pada asam sulfat, istilah yang sempat salah diungkap oleh Gibran.

Selain itu, ada pula pernak-pernik yang memakai ikat kepala Konoha serta bando, hingga topeng bergambar Prabowo-Gibran. Mereka menyanyikan beberapa yel-yel, yang salah satunya bernadakan lagu “Anak Kambing Saya” untuk memecah keramaian.

BACA JUGA:  Kembali Raih Digital Government Award, Kemenkumham Jadi Kementerian Terbaik dalam Penerapan SPBE

Selanjutnya, rombongan berkostum penguin, yang merupakan pendukung pasangan calon Ganjar-Mahfud, tiba di arena Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 pada Minggu petang.

Mereka mengenakan topi berwarna merah, putih, dan hitam, dengan topeng penguin yang diikatkan ke topi tersebut.

“Jangan gentar, kita punya Ganjar. Jangan takut, kita punya Mahfud. Pilih Ganjar-Mahfud, pilih Ganjar-Mahfud!” sorak para pendukung.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Setelah debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada 7 Januari 2024; KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan ketiga calon wakil presiden (cawapres).

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

[ANT/SET]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!