Scroll untuk baca artikel
DPRD Kota Samarinda

Deni Soroti Pungutan Biaya Jelang Wisuda Sekolah di Samarinda

33
×

Deni Soroti Pungutan Biaya Jelang Wisuda Sekolah di Samarinda

Sebarkan artikel ini
Ket. Sekretaris Komisi IV DPRD kota Samarinda, Deni Hakim Anwar (Syahrul/Selajur).

SELAJUR. COM, SAMARINDA –  Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar soroti sekolah yang lakukan pungutan pada orang tua siswa menjelang hari kelulusan.

Pria yang akrab disapa Deni tersebut mengakui bahwa, diri masih sering mendapatkan keluhan dari warga terkait adanya pungutan tersebut jelang kelulusan atau wisuda sekolah.

Menurutnya praktek tersebut tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sangat membebani orang tua yang ekonominya kurang mampu.

“Berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan, sekolah-sekolah dilarang mengadakan kegiatan wisuda yang membebani orang tua siswa, dan semua pihak harus menghormati surat edaran tersebut dan tidak boleh ada pihak sekolah yang mengabaikan,” ungkap Deni, saat diwawancarai media ini. Jumat (3/5/2024).

Deni menyebutkan, kebanyakan kegiatan yang dilakukan di hotel berbintang cenderung menjadi pungutan wajib bagi orang tua. Padahal, tidak semua orang tua memiliki kemampuan finansial yang sama.

“Sumbangan ini seharusnya bersifat sukarela dan tidak boleh menjadi kewajiban,” ujarnya.

Menurut Deni, untuk mengurangi beban tersebut, wisuda sebaiknya dilaksanakan di sekolah untuk meminimalisir biaya dan mengurangi beban pada orang tua siswa yang finansialnya terbatas.

Maka dari itu, Ia menyarankan agar sekolah-sekolah memanfaatkan fasilitas sendiri seperti aula sekolah untuk pelaksanaan wisuda.

“Sebenarnya kita bisa mengurangi biaya yang tidak perlu dan mencegah adanya pungutan yang tidak wajib,” pungkas.

[ADV/SET/RED].

BACA JUGA:  Pemilu Serentak 2024, Laila Himbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dengan Baik
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!