Scroll untuk baca artikel
Kukar

Disdikbud Kukar Rencanakan Festival Keraton Nusantara, Upaya Eratkan Kebudayaan Nusantara

34
×

Disdikbud Kukar Rencanakan Festival Keraton Nusantara, Upaya Eratkan Kebudayaan Nusantara

Sebarkan artikel ini
Ket : Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor. (Istimewa).

SELAJUR.COM, KUKAR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tengah merencanakan penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara yang akan dihelat pada tahun ini.

Hal ini, disampaikan oleh Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor. Ia membeberkan bahwa, rencana ini telah lama diwacanakan. Kini, pihaknya tengah mengupayakan terselenggaranya agenda tersebut.

“Kita kemarin sudah bicarakan dengan beberapa leading sector, pemangku kepentingannya, sudah sejak lama,” ujarnya pada Selasa (7/5/24).

Namun, seperti yang diungkapkan Thauhid, persiapan untuk pelaksanaan festival masih dihadapkan pada beberapa kendala. Salah satunya adalah dalam menentukan mitra kerja yang tepat, mengingat kompleksitas lembaga-lembaga yang terlibat dalam ranah keraton.

“Kita sudah coba bicarakan dengan Ayahanda Sultan. Memang di pusat ini banyak lembaga, jadi kita bingung ada Dewan Kesultanan, Dewan Adat, dan lain sebagainya, sehingga kita bingung siapa yang akan kita ajak kerja sama,” tambahnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Disdikbud Kukar memilih untuk bekerja sama dengan Kementerian, terutama dengan Dirjen Kebudayaan RI. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa festival tersebut mendapat dukungan yang kuat dan berjalan dengan lancar. Selain itu, sebagai bagian dari keseriusan pelaksanaan festival, Thauhid telah berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Sudah kita bicarakan dengan pihak kementerian, provinsi, kepada Pj Gubernur tentang Festival Keraton Nusantara ini,” lanjutnya.

Diharapkan bahwa Festival Keraton Nusantara tidak hanya menjadi peristiwa penting bagi Kukar, tetapi juga akan menjadi acara berskala luas yang melibatkan seluruh Kalimantan Timur.

“Untuk pelaksanaannya pastinya tidak akan bersamaan dengan Erau, kita akan laksanakan sekitar bulan Mei, Juli ataupun Juni,” paparnya.

Dengan tekad dan upaya serius dari pihak Disdikbud Kukar, diharapkan Festival Keraton Nusantara akan menjadi momentum yang berharga dalam memperkuat kebudayaan Nusantara dan memperluas cakrawala budaya masyarakat Kukar serta seluruh Kalimantan Timur.

BACA JUGA:  DPMD Kukar Gencar Berkoordinasi Dengan Kemendagri RI

[ADV/KOMINFOKUKAR/ROB/ALI]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!