Scroll untuk baca artikel
Kukar

Disperindag Kukar Ungkap Kehadiran Deskranasda Dapat Tingkatkan Pengembangan IKM dan UMKM

29
×

Disperindag Kukar Ungkap Kehadiran Deskranasda Dapat Tingkatkan Pengembangan IKM dan UMKM

Sebarkan artikel ini
Ket : Plt Kepala Disprindag Kukar, Sayid Fathullah. (Istimewa).

SELAJUR.COM, KUKAR – Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar), Sayid Fathullah, menyatakan kinerja baik Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) atas pengembangan beberapa produk lokal.

Ia mengungkapkan Deskranasda di Gunung Pendidik semakin aktif dengan banyak outlet dan produk yang bermunculan.

“Untuk Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) sendiri di Gunung Pendidik, mulai banyak yang sudah membuka outlet-outletnya dan produk sudah mulai beragam,” kata Fathullah pada Selasa (07/05/2024).

Menurutnya, Deskranasda Gunung Pendidik tidak hanya menjual produk secara mandiri, tetapi juga melakukan ekspor ke luar negeri melalui jasa titip (jasptip).

Saat ini, terdapat 10 pelaku usaha yang aktif di sana, dengan produk seperti cenderamata dan oleh-oleh.

“Pihak kami juga memberikan fasilitasi kepada pelaku usaha dengan menyelenggarakan seminar dan pelatihan-pelatihan,” tambahnya.

Dia juga menegaskan, bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar dan sektor-sektor lain di daerah Kukar. Dengan berencana mengintegrasikan Deskranasda dalam program kunjungan tamu luar daerah, di mana setiap tamu wajib diajak mengunjungi lokasi Deskranasda untuk memperkenalkan produk-produk lokal.

“Harapan kami, pelaku IKM dan UMKM dapat terus berkembang serta meningkatkan kualitas, kontinuitas, dan kapasitas produknya,” harapnya

Terakhir, Fathullah, menggaris bawahi pentingnya dukungan terhadap pengembangan industri kecil dan menengah serta usaha mikro kecil menengah (IKM dan UMKM) didaerah.

[ADV/KOMINFOKUKAR/ROB/ALI]

BACA JUGA:  Pemkab Kukar Gelontorkan 35 M Pada Program RTLH
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!