Scroll untuk baca artikel
PariwaraRagam

Fasiltas Lengkap Dengan 7 Lantai, Fakultas Kedokteran UMKT Diresmikan

34
×

Fasiltas Lengkap Dengan 7 Lantai, Fakultas Kedokteran UMKT Diresmikan

Sebarkan artikel ini
Teks Foto: Penekanan tombol peluncuran gedung Fakultas Kedokteran oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr Ir H Irwan Akib M Pd disaksikan langsung oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Bambang Setiaji, M Si bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XT Kalimantan, Dr Muhammad Akbar, M Si dan Rektor UMKT, Dr Muhammad Musyiam, MT.(Topan Setiawan/SELAJUR)

SELAJUR.COM, SAMARINDA – Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) sukses menggelar Syukuran dan Peresmian Gedung Fakultas Kedokteran (FK), pada Senin (29/4/2024) pukul 09.00 Wita.

Acara tersebut diresmikan oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr Ir H Irwan Akib M Pd disaksikan langsung oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Bambang Setiaji, M Si bersama Kepala LLDIKTI Wilayah

XT Kalimantan, Dr Muhammad Akbar, M Si dan Rektor UMKT, Dr Muhammad Musyiam, MT.

Peresmian itu digelar meriah. Menghadirkan ribuan tamu undangan dari perwakilan civitas akademika. Tak hanya itu, para perwakilan Rektor pun menjadi pasang mata dalam gelaran tersebut. Satu diantaranya yang hadir ialah, Rektor Universitas Islam Negeri Islam Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Prof Muhammad Zurqoni.

Gedung megah Fakultas Kedokteran ini, memiliki 7 lantai. Dengan dilengkapi berbagai fasilitas laboratorium menunjang sarana pendidikan kedokteran dan kesehatan. Diantaranya, laboratorium Anatomi.

Menariknya lagi, lantai 1 disediakan pula Cafe bernuansa milenial. Bagi para mahasiswa yang tengah bersantai sembari bercengkrama bersama.

Ditemui usai acara Rektor UMKT, Muhammad Musyiam, menjelaskan, kehadiran fakultas baru ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi kampus asuhan PP Muhammadiyah ini.

Bahkan, ini juga bakal disambut baik oleh ribuan calon mahasiswa lulusan SMA baik di Kaltim maupun dari luar daerah yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang Kedokteran dan kesehatan.

“UMKT adalah kampus Fakuktas Kedokteran Swasta pertama di Kaltim. Kami sangat membuka kesempatan bagi para lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan di sini,” urai Musyiam kepada media ini.

Sejak mengantongi izin Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 14 Maret 2024 lalu. Menjadi kabar yang begitu dinanti-nantikan.

“Sejak 2018 kemarin, kami sudah berjuang agar Fakultas Kedokteran ini dapat terwujud. Tentunya, ini tak terlepas dari jeri payah para pendahulu kami dan seluruh komponen civitas akademika di UMKT,” terangnya.

BACA JUGA:  SDN 021 Sungai Kunjang Dorong Pelajar Lakukan Penguatan Karakter Pancasila Lewat Karya dan Pentas Seni

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran UMKT, Andi Sofyan Hasdam menyebut, antusias calon mahasiswa yang mendaftar di fakultas ini sudah mulai terlihat. Sejak kampus yang berbasis di Samarinda ini, diumumkan akan melakukan proses penerimaan mahasiswa baru April 2024 ini.

“Yang sudah dikatakan Bapak Rektor UMKT tadi. Kita sudah mengawali FK ini sejak tahun 2018. Kemudian, kami juga tak akan mendapat izin (Kemendikbudristek, red). Apabila fasilitasnya tak lengkap. Jadi dipastikan pasti semuanya ada,” urai pria yang juga sebagai Anggota DPD RI Dapil Kaltim ini.

Sekedar informasi, Fakultas Kedokteran UMKT ini, terdapat dua Program Studi (Prodi). Yaitu, Prodi Sarjana Kedokteran dan program lanjutan Prodi Pendidikan Profesi Dokter.

Untuk mendaftar FK UMKT, calon mahasiswa hanya perlu mengakses https://umkt.ac.id/pmb. Di sana mereka cukup buat akun, pilih prodi yang diinginkan, kemudian membayar biaya registrasi. Setelah itu, panitia akan mengirim informasi mengenai jadwal tes melalui surel masing-masing calon mahasiswa.

Calon mahasiswa FK mesti mengikuti tes secara langsung yang akan digelar di Gedung Jenderal Sudirman, UMKT yang terletak di Jalan Ir H Juanda No 15, Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda. 

Tes akan menerapkan sistem berbasis komputer (Computer Based Test/CBT). Khusus untuk calon mahasiswa kedokteran, mata pelajaran yang diujikan utamanya dari ilmu-ilmu eksakta, seperti matematika, fisika, dan kimia.

“Kami berharap, adanya FK ini dapat menjadi sarana fasilitas pendidikan kedokteran bagi para calon mahasiswa yang ada di Kaltim maupun di luar daerah,” pungkasnya.

[SET/RED]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!