Scroll untuk baca artikel
Kukar

Forum Sehat Mandiri, Bentuk Kepedulian Warga Desa Muara Enggelam di Sektor Kesehatan

30
×

Forum Sehat Mandiri, Bentuk Kepedulian Warga Desa Muara Enggelam di Sektor Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Ket : Desa Muara Enggelam. (Istimewa)

SELAJUR.COM, KUKAR – Desa Muara Enggelam yang terletak di Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), memiliki invoasi yang diinisiasi oleh masyarakatnya. Program kemanusiaan tersebut dikenal dengan nama “Forum Sehat Mandiri”.

Desa Muara Enggelam merupakan sebuah desa yang terbilang unik. Hal ini, dikarenakan pusat peradaban di desa tersebut berada di atas aliran Sungai Mahakam. Dikarenakan aksesnya yang terbatas, Desa Muara Enggalam memiliki sejumlah fasilitas urgen tersendiri. Misalnya, Posyandu Pembantu. Hal ini, menjadi pusat kesehatan pengganti rumah sakit.

Namun, hal tersebut tak menutup kemungkinan untuk perujukan dari posyandu pembantu menuju rumah sakit terdekat, apabila terdapat suatu hal yang tak bisa ditangi oleh posyandu pembatu di Desa Muara Enggelam. Jarak tempuh dari desa tersebut ke rumah sakit terdekat yang berada di Kota Bangun, berkisar kurang lebih satu jam tiga puluh menit. Hal ini, yang menjadi penyebab terhambatnya pengobatan masyarakat yang membutuhkan. Selain terkendala jarak, kebutuhan akan kendaraan dan pendanaanpun turut menjadi penghalang kesembuhan warga dpDesa Muara Enggelam.

Mengatasi hal tersebut, Kepala Desa Muara Enggelam, Madi, memaparkan bahwa di desanya terdapat sebuah inovasi Forum Sehat Mandiri. Sistem kerja dari program ini, dengan mengumpulkan iuran dari masyarakatnya.

“Kami bersama masyarakat melakukan iuran bulanan sebesar 10.000,” ungkap Kepala Desa Muara Enggelam, Madi, kepada awak media pada Rabu (17/4/24).

Iuran yang terkumpul kedepannya akan menjadi dana transportasi bagi masyarakat yang membutuhkan untuk prosesi perujukan dari posyandu ke rumah sakit. Besaran bantuan yang diberikan berkisar dari Rp. 400.000 hingga Rp. 1.000.000, berdasarkan jauh atau dekatnya rujukan rumah sakit yang di tuju.

Madi menegaskan bahwa, tidak adanya paksaan dalam iuran untuk mengikuti program Forum Sehat Mandiri. Bahkan, diketahui sebelum masa kepemimpinannya, jumlah iuran hanya berkisar Rp. 5000 per Kepala Keluarga (KK). Namun, antusias masyarakat semakin meningkat, mengingat atensi warga sangat tinggi terhadap sektor kesehatan di Desa Muara Enggelam.

BACA JUGA:  Ditetapkan Sebagai Kawasan Budaya, GEMA ke-3 Kukar Digelar di Kedaton Kutai Kartanegara

“Ini merupakan insiatif dari masyarakat Desa Muara Enggelam,” imbuhnya.

Forum Sehat Mandiri, memiliki fasilitas guna memudahkan perjalanan para warga yang membutuhkan yakni dengan menyediakan memiliki dua unit ambulans, satu unit mobil untuk di darat dan satu unit perahu untuk di air.

“Jadi, tidak ada alasan bagi masyarakat jika tidak bisa kerumah sakit, karena sudah kami fasilitasi,” ungkap Madi.

Dengan inovasi kemanusiaan yang diusung oleh masyarakat Desa Muara Enggelam, meningkatkan kerukunan dan sebagai bentuk perhatian serta kesadaran para warga terhadap sektor kesehatan.

[ADV/KOMINFOKUKAR/ROB/ALI]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!