Scroll untuk baca artikel
Kukar

Kades Muara Enggelam : Canangkan Pohon Tua Menjadi Home Stay

30
×

Kades Muara Enggelam : Canangkan Pohon Tua Menjadi Home Stay

Sebarkan artikel ini
Ket : Ilustrasi home stay di alam (Istimewa)

SELAJUR.COM, KUKAR – Fokus pembangunan Desa Muara Enggalam pada wadah pariwisata. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah memberdayakan alam dengan merencanakan konversi pohon-pohon tua menjadi homestay.

Menurut Kades Muara Enggelam Madi, para wisatawan kini cenderung mencari tempat yang tenang untuk bersantai. Oleh karena itu, konsep homestay yang mereka usung adalah mengacu pada keindahan alam Desa Muara Enggelam itu sendiri.

“Pr kami saat ini, desa ini rencana akan memberdayakan alam, dengan memanfaatkan pohon yang telah ratusan tahun lamanya akan dibuatkan menjadi seperti home stay,” Ucap Madi pada saat diwawancari melalui saluran selulernya pada, Kamis (21/03/2024)

Selain itu, madi menyebutkan, telah merencanakan pembangunan penginapan terapung sebagai daya tarik tambahan bagi wisatawan yang ingin menikmati kehidupan di atas air.

Kendati demikian, kedatangan wisatawan lebih banyak, akan dapam membawa peningkatan pendapatan bagi masyarakat setempat serta pendapatan desa secara keseluruhan.

“Sekarang wisatawan itu suka yang sunyi-sunyi, untuk bersantay, dengan Konsep home stay yang akan Desa Kami buat adalah merujuk pada alam itu sendiri,” terang Madi Kades Muara Enggelam.

Namun, Madi juga menjelaskan, upaya pengembangan pariwisata ini juga menimbulkan beberapa pertimbangan, terutama terkait dengan pelestarian lingkungan.

Ia menegaskan, bahwa dalam mengembangkan sektor pariwisata, mereka akan tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan memastikan bahwa aktivitas wisata agar tidak merusak ekosistem lokal.

Untuk mewujudkan visi ini, Desa Muara Enggelam berencana untuk melakukan kerjasama dengan pihak terkait, baik itu pemerintah daerah maupun pihak swasta.

“Semoga kedepannya pihak pemerintah setempat dapat melirik desa kami untuk pengembangan sektor wisatanya,” ungkapnya

Diharapkan, dengan mengajak masyarakat setempat untuk turut berperan serta dalam pembangunan sektor pariwisata ini, perkembangan Sektor Pariwisata dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

BACA JUGA:  Pemkab Kukar Dorong Peran RT dalam Peningkatan Infrastruktur dan Kesejahteraan Masyarakat

[ADV/KOMINFOKUKAR/ROB/ALI]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!