Scroll untuk baca artikel
Kukar

Keberhasilan Program Dedikasi “Kukar Idaman” di Desa Ponoragan

14
×

Keberhasilan Program Dedikasi “Kukar Idaman” di Desa Ponoragan

Sebarkan artikel ini
Ket : Ket : Kades Ponoragan, Sarmin. (Ist)

SELAJUR.COM, KUKAR – Kepala Desa (Kades) Ponoragan, Sarmin mengapresiasi keberhasilan 23 program dedikasi “Kukar Idaman” yang telah dilaksanakan Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin.

Program ini menyasar pada sektor pertanian dan perikanan, yang telah tersalurkan 100 persen di Desa Ponoragan dan menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan luas area pertanian mencapai lebih dari 450 hektare (H), dukungan yang diberikan oleh Bupati kita, pada sektor pertanian mencakup penyediaan alat dan mesin pertanian (Alsintan),” ucap Sarmin saat diwawancarai diruang kantornya pada, Rabu (03/07/2024).

Sarmin bilang, bantuan ini meliputi mesin pompa air untuk mengairi sawah, hand traktor untuk menggarap lahan, serta hand sprayer yang dibagikan kepada seluruh kelompok tani secara bergilir.

Lanjut, selain pemberian Alsintan, pupuk juga diberikan dalam jumlah besar untuk mendukung peningkatan produktivitas sawah milik kelompok tani.

“Seluruh bantuan pada sektor pertanian sudah terealisasikan dan sampai kepada 6 kelompok pertanian di desa kami,” terangnya

Dengan bantuan Alsintan dan pupuk, kelompok tani di Desa Ponoragan mampu meningkatkan hasil panen mereka secara signifikan. Ini adalah salah satu bukti nyata dari komitmen Bupati dan Wakil Bupati dalam memajukan sektor pertanian di wilayah kami.

Sementara itu, Sarmin juga mengungkapkan, pada sektor perikanan, program bantuan juga menunjukkan hasil yang menggembirakan. Bantuan berupa bibit ikan seperti patin dan lele diberikan kepada 12 kelompok perikanan.

Setiap tahunnya, ribuan bibit ikan disalurkan secara bergilir kepada kelompok-kelompok tersebut, disertai dengan bantuan untuk rehabilitasi kolam dan keramba.

“Seluruh kelompok perikanan di desa kami telah menerima bantuan bibit ikan. Hal ini tidak hanya meningkatkan produksi perikanan, tetapi juga memberikan kontribusi besar terhadap ketahanan pangan dan ekonomi desa,” jelasnya

BACA JUGA:  Siap-Siap, Mr Jono & Joni Bakal Meriahkan Semarak Festival Kota Juang di Sanga-Sanga Hari Ini

Dengan tersalurnya bantuan secara merata dan efektif, ia mengatakan, hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan ketahanan pangan di desa ini terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Terkahir, Sarmin membeberakan, pada era kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin, Desa Ponoragan telah menikmati dampak positif dari program-program dedikasi Kukar Idaman ini.

“Kami berharap keberhasilan ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat di masa yang akan datang,” tutup Sarmin dengan penuh harapan.

Program “Kukar Idaman” telah membuktikan dirinya sebagai inisiatif yang efektif dalam memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan di wilayah Kukar, khususnya Desa Ponoragan.

[ADV/KOMINFOKUKAR/ROB/RED]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!