Scroll untuk baca artikel
Lipsus

Mengenal Sosok Junadi, Legislator Gerindra Asal Kukar Gaungkan Budidaya Ikan Untuk Peningkatan Ekonomi Rakyat

70
×

Mengenal Sosok Junadi, Legislator Gerindra Asal Kukar Gaungkan Budidaya Ikan Untuk Peningkatan Ekonomi Rakyat

Sebarkan artikel ini
Ket: Anggota DPRD Kukar, Junadi terpilih kembali pada dua periode berturut-turut.(Muhammad Ali Mubarok/SELAJUR)

SELAJUR.COM, KUKAR – Decit Kagum, seiring bersua. Ketika, pembangunan jalan secara merata, kian menyongsong, di daerah Kecamatan Loa Kulu. Salah satu, kecamatan di wilayah tengah, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Terletak, pada posisi antara 116o 29′ BT – 117o 03′ BT dan 0o26′ LS – 0o54′ LS.

Ialah Junadi. Sosok dibalik pembangunan itu. Sosok Legistor, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar. Gaungan Partai Gerindra. Dikenal masyarakat setempat. Karena semangat membangun tanah kelahiran. Mulai dari semenisiasi jalan-jalan pelosok, mewujudkan program ‘Desa Terang’ hingga pendistribusian ratusan bibit perikanan di daerah sebutan Kota Tuah –julukan Loa Kulu– itu.

Senyum bersahaja yang tak bisa disembunyikan dari raut wajah pria jangkung ini, memiliki nama kecilnya. Jujun. Walau begitu, jebolan alumnus STIE Nasional Samarinda ini, punya sisi kehidupan yang jarang diketahui oleh publik. Berikut media ini coba rangkum dalam pertemuan singkatnya bersama Tim Selaras Jejaring (Koalisi media SELAJUR.com, Lintasjejaring.com, Timeskaltim.com dan MediaKATA.com) coba kulik kisah menarik sosok Junadi.

Hobi Budidaya Tambak Ikan Langka

Ket: Tambak Budidaya Ikan Milik Junadi.(Muhammad Ali Mubarok/SELAJUR)

Terik cahaya mentari. Menampar lembut wajah di pagi hari. Membentang hamparan hijau nan luas. Seperti tuhan, tengah tersenyum. Lewat ciptaan-Nya yang begitu indah.

Kala itu, Tim Redaksi, mencoba menemui di sela kesibukannya. Berlokasi di Jalan S. Parman Gang Usaha Tani, Kecamatan Loa Kulu. Menempuh, kurang lebih 1 KM berjalan kaki.

Junadi alias Jujun menyambut hangat, sembari menawarkan jajakan hidangan yang tersedia. Obrolan mulai dicurahkan. Saat Junadi mulai menceritakan. Ringkas, perjalanannya saat menitik karirnya di gelanggang politik.

Junadi sosok pekerja keras. Terlihat, dari jerih keringatnya membangun budidaya tambak ikan gurame. Yang saat ini ia miliki. Sebanyak 30.000 ikan gurame ia rawat dengan baik. Dengan jumlah 7 kolam ikan. Sesekali, sorot matanya, ia tujukan kepada tambaknya. Sembari, memantau suasana aktifitas ikan gurame miliknya.

BACA JUGA:  Kecemplung Berujung Tergerak Hati Untuk Mengabdi, Ini Kisah Shania Rizky Amalia Politisi Muda di Basuki Rahmat

“Saya saat ini punya ikan gurame 30.000 ekor. Memang saya, hobi memelihara ikan-ikan langka,” ceritanya dengan tertegun di salah satu kediamannya di pagi hari, Selasa (25/6/2024) lalu.

Ia begitu senang. Saat tau, ikan kesayangannya. Telah berkembang secara pesat. Bahkan, ia telah menggeluti dunia perikanan sejak 34 tahun lalu.

“Saya senang sekali melihara ikan ini, malah masih zaman saya masih duduk di bangku SMP. Ikan pertama saya masih ikan Mas. Saat itu, 10.000 ikan paling sedikit. Kira-kira di tahun 1990-an,” jelas Junadi.

Salurkan Bantuan Bibit Pakan Ikan

“Saat itu, harga pakannya masih sekitar Rp27 ribu untuk pakan 5 Kg. Itu tahun 1990-an. Sekarang, sudah Rp408 ribu,” sebutnya.

Karena ketertarikannya mengembakbiakan bibit ikan. Lantas ia pun tertegun. Ketika, dirinya mulai dipercaya duduk sebagai anggota DPRD Kukar. Untuk dapat mengembangkan budidaya tani perikanan ikan di Loa Kulu.

“Karena saat ini saya diamanahi masyarakat sebagai anggota DPRD Kukar. Saya berfikir. Bagus juga kalau program perikanan ini untuk membantu masyarakat,” terang politisi Partai Gerindra itu.

“Saat saya membantu pakan. (Antusias) warga begitu luar biasa,” sambungnya.

Junadi juga selalu menyalurkan bantuan pakan ikan kepada seluruh masyarakat setempat. Yang menjadi wilayah konstituennya.

“Biasanya saya menyalurkan 7 Ton pakan ikan untuk dibagi-bagikan ke seluruh masyarakat yang sedang mengembangkan budidaya ikan. Terkhusus, yang sangat membutuhkan, itu sangat membantu warga setempat” ceritanya.

Bantuan bibit ikan dan pakan kepada warga tersebut adalah merupakan aspirasi yang Ia Salurkan. Yang selaras dengan program Pemkab Kukar dibidang pembudidayaan ikan.

Junadi begitu mengharapkan, agar masyarakat Loa Kulu, bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan dikelola agar bisa terus berkelanjutan. Bantuan tersebut sudah paket lengkap,  pembudidaya tinggal melanjutkan dan mengembangkan.

BACA JUGA:  Joha Pajal Soroti Minimnya Sosialisasi Pembangunan di Jalan Lambung Mangkurat

“Setelah warga mendapatkan bantuan, tidak biarkan begitu saja, tetapi nanti ada penyuluh perikanan yang mendampingi untuk pembinaan dan pengembangan usaha masyarakat setempat,” urainya.

Dipercaya Dua Periode Berturut-turut

Ket: Pembangunan Infrastruktur Jalan, Aspirasi Anggota DPRD Kukar, Junadi.(Muhammad Ali Mubarok/SELAJUR)

Junadi mengabdikan diri di tanah kelahiran. Sejak menitik karirnya sebagai legislator DPRD Kukar, pada periode 2019-2024 lewat program unggulannya. Yakni, budidaya tambak ikan. Sejumlah warga Loa Kulu kini berangsur-angsur, tengah ‘naik kelas’. Dalam memenuhi kebutuhan ekonominya.

“Alhamdulillah sangat terbantu. Itu sudah luar biasa. Sampai-sampai ada pasangan suami-istri ke rumah (saya). Untuk berterimakasih. Karena, telah membantu pakan/bibit perikanan,” terang Junadi.

Diketahui, Junadi merupakan legislator Petahana. Yang dipercaya kembali mewakili rakyat Dapil V (Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Samboja Barat) pada periode kedua masa bakti 2024-2029 sebagai DPRD Kukar.

Junadi berhasil mengantongi jumlah pemilih sebanyak 4.414 suara. Meningkat dari jumlah periode sebelumnya yakni, 3.657 suara. Sehingga, membawa Junadi menjadi Anggota DPRD Kukar dua periode berturut-turut.

Junadi lantas bercerita. Semangat juang untuk rakyat mulai tertanam. Saat ia bercengkrama bersama masyarakat setempat. Terkait, apa yang mereka butuhkan. Alhasil, obrolan hangat bersama masyarakat itu, manjadi bekal terbaik, bagi Junadi. Untuk semakin menyelami dan maju pada kontenstasi politik tahun 2024

Selain itu, Junadi juga menggaungkan program unggulan lainnya. Yakni pembangunan dan pembenahan infrastruktur badan jalan. Yang difokuskan pada wilayah pelosok di Loa Kulu.

“Saya juga fokus terhadap pembangunan infrastuktur badan jalan. Karena, banyak warga yang punya tanah di tengah hutan. Bingung, mau diapakan. Dengan melakukan pembangunan jalan, turut membantu akses para petani yang ada di pelosok desa di Loa Kulu,” urainya.

BACA JUGA:  PDIP Perjuangan Kukar Deklarasi Kemenangan, Boyong 18 Kursi Sekaligus di Legislatif

Kendati demikian, Junadi juga melakukan pembenahan terhadap saluran irigasi untuk perairan sawah milik petani.

“Jadi kita perbaiki saluran irigasi mereka (petani). Jadi, sawah mereka tersaluri air. Kita fasilitasi mereka. Agar, mendapat hasil panen yang berlimpah,” katanya.

Junadi sangat mengapresiasi seluruh masyarakat Kukar. Terkhusus, Dapil V. Yang sudah memberikan kepercayaan kepada dirinya. Untuk mewakilkan aspirasi rakyat Kukar melalui Junadi.

“Semoga, ini menghantarkan kami untuk memperjuangan masyarakat dalam hal pembangunan secara merata,” pungkasnya.

[SET/RED]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!