Scroll untuk baca artikel
Nasional

Menhub RI Catat Penambahan 2.800 Penerbangan Domestik Jelang Idulfitri 1445 H

24
×

Menhub RI Catat Penambahan 2.800 Penerbangan Domestik Jelang Idulfitri 1445 H

Sebarkan artikel ini
Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi.(Dok: ANTARA)

SELAJUR.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menyebut, pihaknya sudah mencatat adanya penambahan 2.800 penerbangan domestik untuk masa mudik Lebaran Idulftri 1445 H.

Menhub mengatakan penambahan jumlah penerbangan tersebut merupakan bentuk keseriusan dari maskapai penerbangan yang ada di tanah air guna memenuhi kebutuhan masyarakat saat periode mudik tahun ini. 

“Ada 2.800 penerbangan. Pesawat yang terbang itu relatif sama 420. Tapi yang terbang lebih banyak, okupansi lebih bagus, lebih tinggi. Jadi ini juga keseriusan dari airlines untuk menyongsong mudik,” ujarnya saat di Jakarta, dilansir ANTARA, Kamis (4/4/2024) siang.

 Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya juga turut memberikan dukungan berupa menambah jam operasional di bandara guna memaksimalkan rotasi pesawat.

 “Dengan membuka bandara lebih malam, baik dikelola Angkasa Pura maupun perhubungan di tempat-tempat pesawat. Misal dari satu tempat ke Karimunjawa mestinya berhenti di sana karena petugas sampai jam 2, tapi kita bekerja lebih lama sehingga bisa tambah 1-2 rotasi sehingga jumlah yang akan diangkut lebih banyak,” katanya.

 Di sisi lain Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati menyampaikan, dari 420 pesawat yang digunakan sebagai angkutan mudik, pihaknya menyiapkan 51 bandar udara sebagai titik pantau dari total 287 bandara di Indonesia.

Sedangkan proyeksi sebaran bandara tersibuk pada masa angkutan lebaran untuk tujuan domestik, Bandara Soekarno-Hatta memiliki pergerakan proyeksi sebanyak 1,9 juta pergerakan penumpang.

 “Daerah tujuan tetap juga ternyata Soekarno-Hatta juaranya, disusul Bandara Juanda, Kualanamu, Sultan Hasanudin, dan di Yogyakarta,” ujarnya.

 Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah 2.000 penerbangan atau extra fligt pada maskapai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, selama periode mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

BACA JUGA:  Jaringan GUSDURian Angkat Bicara, Tolak Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

 “Kami ingin memberikan kesempatan kepada operator bila sekarang sudah ada tambahan penerbangan (extra fligt) sebanyak 2.000 penerbangan. Kita tetap memberikan kepada operator untuk memberikan kesempatan menambah jumlah fligt,” tandas Menhub Budi Karya Sumadi.

[ANT/RED]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!