Scroll untuk baca artikel
KukarPolitik

PDIP Perjuangan Kukar Deklarasi Kemenangan, Boyong 18 Kursi Sekaligus di Legislatif

100
×

PDIP Perjuangan Kukar Deklarasi Kemenangan, Boyong 18 Kursi Sekaligus di Legislatif

Sebarkan artikel ini
Ket: Suasana Pendeklarsian peraihan suara perhitungan cepat di depan gedung DPC PDI Perjuangan Kukar.(Roby Sugiarto/SELAJUR)

SELAJUR.COM, KUKAR – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) Kutai Kartanegara (Kukar) telah mendeklarasikan jumlah penghitungan cepat suara dalam pemilu legislatif (Pileg) 2024. 

Tentunya, Partai berlambang moncong banteng itu, berhasil meraih kemenangan yang begitu memuaskan. Yakni, dengan estimasi memboyong 18 kursi di DPRD Kukar.

Kemenangan ini juga menjadi kemenangan bagi masyarakat Kukar, yang mengharapkan kinerja politik yang sejalan dengan visi dan misi PDI Perjuangan.

Kendati demikian, perhitungan ini juga, dengan pengawasan hitung cepat melalui data C 1 dan C pleno di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hingga akhirnya DPC PDIP merilis dan mendeklarasikan diri sebagai pemenang dalam Pileg DPRD Kukar tahunan 2024 melalui hitung cepat tersebut. 

“Alhamdulillah setelah mendapat hasil dari seluruh kecamatan, bisa kami kabarkan bahwa PDI Perjuangan keluar sebagai pemenang di Kukar,” kata Wakil Ketua Bidang Politik dan Hukum, Aulia Rahman Basri pada Jumat (16/2/2024) malam tadi.

Dirinya mengatakan, kemenangan ini bukan hanya kemenangan dari DPC PDIP Kukar saja, tetapi juga kemenangan seluruh rakyat Kukar. 

Ditambahkan oleh Ketua BP-Pemilu DPC PDIP Kukar, Junaidi bahwa Pileg di 2024 ini memiliki perubahan yang luar biasa. 

Dari jumlah kursi yang sebelumnya sedikit, sekarang bisa mendapatkan jumlah kursi yang banyak.

Ket: Suasana kamar hitung BSPN PDI Perjuangan Kukar.(Dok)

“Dari data hitungan cepat kita, kita mendapatkan paling tidak di 18 kursi, menjadi kursi dominatif di Kukar. Secara otomatis dengan 18 kursi itu, posisi Ketua DPRD Kukar akan berada di pihak PDI Perjuangan,” terangnya. 

Hasil ini jelasnya menunjukkan bahwa kerja-kerja politik di kepemimpinan Edi Damansyah sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan beserta kader-kadernya berjalan secata seiring sejalan dan masif ke bawah. 

BACA JUGA:  Wabup Rendi Solihin: Patung Bung Karno Bakal Berdiri di Kota Juang Sangasanga

Dijelaskan anggota Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Kukar, Efendi Hariadi bahwa hitung cepat yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Kukar ini menggunakan dua sistem.

Pertama menggunakan sistem dari pusat yakni Saksi Juang dan sistem kedua dengan penghitungan yang diberi nama kamar hitung BSPN Kukar.

Kamar hitung yang dimiliki DPC PDI Perjuangan Kukar ini adalah suatu sistem yang dirancang dengan penginputan data C1 dan C pleno yang didapat dari masing-masing TPS.

“Ada ratusan orang yang terlibat dalam sistem ini dan sudah dilatih sebelumnya, kami juga pastikan data itu sesuai dengan C1 dan C pleno dari TPS,” ungkapnya.

Meskipun sudah mendeklarasikan diri sebagai pemenang Pileg DPRD tahun 2024 dari hitung cepat, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kukar tetap akan mengawal proses pleno rekapitulasi suara di kecamatan hingga kabupaten. 

“Tetap akan kita kawal sampai nanti sudah resmi ditetapkan oleh KPU kabupaten,” tutupnya.

Diketahui, kamar hitung BSPN PDI Perjuangan Kukar ini merupakan satu-satunya sistem yang dimiliki partai khususnya di Kabupaten Kukar.

Dimana dalam sistem tersebut melibatkan setidaknya hingga 210 koordinator yang tersebar di seluruh kecamatan. Serta 40 orang untuk menginput data dari C1 dan C pleno dari 2.269 TPS di Kabupaten Kukar. 

[BIN/SET]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!