Scroll untuk baca artikel
NasionalOlahraga

Timnas Sepak Bola Indonesia Buat Tuan Rumah Vietnam Tekuk Lutut Dengan Skor Telak 3-0

37
×

Timnas Sepak Bola Indonesia Buat Tuan Rumah Vietnam Tekuk Lutut Dengan Skor Telak 3-0

Sebarkan artikel ini
Timnas Indonesia berhasil taklukan Vietnam dengan skor 3-0.(Dok: CNN)

SELAJUR.COM, MANCANEGARA – Timnas Sepak Bola Indonesia berhasil membuat Vietnam bertekuk lutut di kandangnya sendiri dengan skor telak 3-0 dalam laga kualifikasi Piala Dunia di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) waktu setempat.

Kemenangan ini sekaligus memupus kutukan 20 tahun tak pernah menang bertandang melawan Vietnam di laga internasional.

Terakhir kali timnas berhasil menang di Hanoi (Ibu kota Vietnam) pada 20 tahun lalu, tepatnya piala Asia 2004. Sejak wasit Ali Reza asal Iran meniup pluit babak pertama, Indonesia mencoba menekan di awal pertandingan.

Malam ini juga merupakan debut pertama bagi Ragnar dan Tom Haye sebagai pemaim yang baru di naturalisasi. Babak pertama baru memasuki menit ke-9 sundulan tepat Jay Idze disarangkan ke jala gawang F Nguyen menjadi sebuah gol. Berawal memanfaatkan sepak pojok indah dari Tom Haye. Skor 1-0 atas keunggulan Indonesia.

Dari gol ini suhu pertandingan kian memanas. Terbukti kedua tim dihujani kartu kuning. Build up penyerangan yang dilakukuan oleh anak asuh Shin Tae Yong membuat lini pertahanan Vietnam kocar-kacir di 15 menit pertama.

Tambahan gol lainnya dicetak Ragnar pada menit ke-23 setelah berhasil melewati lima pemain Vietnam dari sisi kiri lapangan. Tanpa pikir panjang, tanpa basa basi, Ragnar mencetak gol dengan kaki kirinya melewati sudut sempit.  2-0 untuk Indonesia.

Hujan kartu kuning  terjadi di menit ke-34. Asnawi Mangkualam dan Bui Hoang Viet sama-sama diganjar kartu kuning. Tak hanya sampai disitu saja. Timmas lagi-lagi diganjar kartu kuning dua pemainnya Ernando dan Hokky Caraka diganjar karena melakukan gerakan yang tidak diperlukan sama sekali. Hingga Ali Reza meniupkan pluit tanda paruh babak pertama berakhir, skor 2-0 tidak berubah.

BACA JUGA:  Ketum PSSI, Erik Tohir Sebut Penggunaan VAR Kualitas Liga Makin Baik

Babak kedua dimulai. Timnas mulai mengurangi intensitas serangan dan lebih bertahan. Menit ke-65 Ragnar kembali memanjakan mata para penonton dengan aksi individu nya melewati dua pemain Vietnam. Namun sayang tidak ada rekan yang bisa membantu dia dalam menyelesaikan serangan.

Lagi dan lagi skuad garuda kembali menerima kartu kuning. pada menit ke-67 Asanawi diganjar kartu kuning karena mencoba memerlambat pertandingan.

Di menit ke-86 sebenarnya skuad garuda memiliki peluang dari Egi Maulana. Tapi sayang, usaha tersebut harus terhenti karena bole membentur kaki wasit Ali Reza. Alhasil Ali Reza harus memberikan ball drawa yang sebenarnya merugikan Timnas. Wasit pun memberi perpanjangan waktu hingga 9 menit pertandingan.

Menit ke-95 Ricky Kambuaya yang baru masuk menggantikan Ragnar harus diganjar kartu kuning karena sengaja mengait kaki pemain Vietnam. Petaka bagi Vietnam terjadi lagi.

Menit 95, Ramadhan Sananta menambah papan skor untuk Indonesia menjadi 3-0 setelah memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti. Wasit pun meniup pluit tanda berakhirnya pertandingan.  

[SET/RED]

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!